Jumat, 25 November 2016

PROFIL DESA BALEGONDO, NGARIBOYO MAGETAN

Desa Balegondo


Desa Balegondo mempunyai luas 241.504 ha, terletak pada kecamatan Ngariboyo kabupaten Magetan. Di Desa Balegondo terdapat 3 dusun yaitu Dusun Gandon, Alas Tuo, dan Babatan. Batas wilayah Balegondo di sebelah utara adalah Desa Bulu Kerto, di sebelah selatan perbatasan dengan Desa Sumber Dukun, di sebelah barat berbatasan dengan Desa Sumber Dukun dan di sebelah timur berbatasan dengan Desa Mojopurno. Desa Balegondo merupakan daerah dataran tinggi yang berada di bawah Gunung Lawu dan memiliki curah hujan 244 Mn/Thn.41 


 


Di Desa Balegondo terdapat 3 buah Taman Kanak-Kanak (TK) dan 4 buah SD/ Sederajat. Di sana juga terdapat pendidikan non-formal, antara lain 1 khursus mejahit, dan 6 TPA. Prasarana kesehatannya hanya ada 1 Polindes dan 4 Posyandu. Sedangkan prasarana peribadatannya ada 6 buah Masjid dan 18 Musholla. Di Dusun Gandon terdapat 3 Masjid yaitu Masjid Baitullah, As-Salam dan Al-Qoiri. Di Dusun Alas Tuo hanya ada Masjid Baitullah. Sedangkan di Dusun Babatan ada 2 Masjid yaitu Masjid Silmi dan Baitul Mutaqim. Pasarana air bersih hanya ada sumur gali dan PDAM.
Masyarakat di Desa Balegondo membentuk organisasi yang diberi nama GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) yang menyebarkan informasi tentang pertanian di Desa Balegondo. Disamping itu kelembagaan Majelis Ta`lim merupakan lembaga yang paling aktif dalam melaksanakan pengajian yang dilaksanakan setiap hari senin, tempat yang digunakanpun di gilir dari masing-masing rumah. Sementara itu kegiatan PKK tidak dilaksanakan secara rutin, melainkan hanya pada hari-hari tertentu. Sedangkan kegiatan yeng dilakukan oleh karang taruna tidak aktif karena banyak remaja-remaja di Desa Balegondo yang bekerja di luar kota.
Di Desa Balegondo terdapat panti asuhan yang bernama Panti Asuhan Tahfidzul Qur`an yang didirikan oleh H. Wadji pada tahun 2010, letaknya berdampingan dengan Masjid Al-Qoiri. Panti asuhan tersebut menampung anak-anak putus sekolah yang kebanyakan dari keluarga yang kurang mampu. Semakin hari panti asuhan tersebut mengalami kemajuan, banyak donatur yang ikut serta menyalurkan bantuannya. Panti asuhan tersebut mempunyai banyak kegiatan yang bersifat mendidik antara lain membaca Al-Qur`an, membuat kerajinan tangan, belajar memasak dan lainnya. Masyarakat Balegondo sangan mendukung dengan adanya panti asuhan itu karena akan memberikan respon posifir bagi anak-anak muda sehingga tidak terjerumus pada pergaulan bebas.
Sekian kisah dari desa saya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan dan tata bahasa, terimakasih. Sekian.
Visi Desa Balegondo :
Membangun Desa dan Masyarakat Balegondo dengan Pengembangan potensi SDM dan SDA yang ada Menuju Desa dan Masyarakat yang Mandiri dan Sejahtera.

Misi Desa Balegondo :
  • Meningkatkan kwalitas pendidikan masyarakat
  • Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  • Meningkatkan pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan keluarga.
  • Meningkatkan dan memperlancar perekonomian masyarakat.
  • Mewujudkan masyarakat yang terampil dan mampu melaksanakan pembangunan dan pengembangan secara mandiri.
  • Mewujudkan kerjasama yang harmonis antara masyarakat, aparat pemerintah desa dan lembaga-lembaga desa dalam melaksanakan pembangunan
 
 
 
 
 KEUNGGULAN DESA BALEGONDO
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar